Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
eksploratif untuk mengetahui persentase siswa yang mengalami kesulitan dalam
menuliskan konsep, kesulitan dalam menuliskan fakta, kesulitan dalam
menggunakan prinsip, dan kesulitan dalam menggunakan keterampilan matematika
dalam menyelesaikan soal turunan. Instrumen
yang digunakan merupakan tes diagnostik dalam bentuk uraian.
Populasi
penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar tahun
pelajaran 2005 / 2006. Teknik pengambilan sampel adalah dengan cara random.
Data dianalisis menggunakan Statistik Deskriptif yang meliputi persentase
setiap kesulitan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kesulitan
konsep (K1) sebesar 45,16 %
dalam kategori kesulitan sangat rendah, kesulitan fakta (K2) sebesar
27,10 % dalam kategori kesulitan sangat rendah, kesulitan prinsip (K3)
sebesar 58,71 % dalam kategori kesulitan rendah, dan kesulitan menggunakan
keterampilan matematika (K4) sebesar 70,97 % dalam kategori
kesulitan sedang. Total kesulitan dari keempat jenis kesulitan sebesar 50,49 %
dalam kategori kesulitan sangat rendah.
Untuk lebih lengkap proposal ini dapat didownload DI SINI