Sabtu, 07 Desember 2013

Studi Tentang Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Turunan Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar

Oleh Evi Handayani
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif untuk mengetahui persentase siswa yang mengalami kesulitan dalam menuliskan konsep, kesulitan dalam menuliskan fakta, kesulitan dalam menggunakan prinsip, dan kesulitan dalam menggunakan keterampilan matematika dalam menyelesaikan soal turunan. Instrumen  yang digunakan merupakan tes diagnostik dalam bentuk uraian.
Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar tahun pelajaran 2005 / 2006. Teknik pengambilan sampel adalah dengan cara random. Data dianalisis menggunakan Statistik Deskriptif yang meliputi persentase setiap kesulitan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kesulitan konsep  (K1) sebesar 45,16 % dalam kategori kesulitan sangat rendah, kesulitan fakta (K2) sebesar 27,10 % dalam kategori kesulitan sangat rendah, kesulitan prinsip (K3) sebesar 58,71 % dalam kategori kesulitan rendah, dan kesulitan menggunakan keterampilan matematika (K4) sebesar 70,97 % dalam kategori kesulitan sedang. Total kesulitan dari keempat jenis kesulitan sebesar 50,49 % dalam kategori kesulitan sangat rendah.
Untuk lebih lengkap proposal ini dapat didownload DI SINI
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarnya dulu sebelum ditutup ya