Senin, 09 Desember 2013

Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe snowball throwing pada Murid Kelas IV SDI Teamate Kabupaten Gowa

Oleh Fitriani
Istilah belajar adalah istilah lumrah kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengetahui lebih jauh, akan dikemukakan beberapa pendapat.Gagne dalam Riyanto, 2010: 4 mengemukakan bahwa belajar merupakan kecenderungan perubahan pada diri manusia yang dapat dipertahankan selama proses pertumbuhan. Suprijono (2011: 5) menyatakan bahwa belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan. Belajar adalah suatu proses kegiatan yang menimbulkan kelakuan lama sehingga seseorang lebih mampu memecahkan masalah dan menyesuaikan diri terhadap situasi-situasi yang dihadapi dalam hidupnya (Sahabuddin, 1997).Belajar pada manusia merupakan suatu proses psikologis yang berlansung dalam interaksi aktif subjek dengan lingkungan, dan menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang bersifat konstan/menetap.

Perubahan-perubahan itu dapat berupa sesuatu yang baru yang segera nampak dalam prilaku nyata (Winkel, 1991). Belajar adalah proses orang memperoleh berbagai kecakapan, keterampilan, dan sikap (Grenler, 1991). Belajar adalah suatu perkembangan diri dari seseorang yang dinyatakan dalam cara bertingkah laku yang baru berkat pengalaman dan latihan. Belajar itu perubahan-perubahan bersifat psikhis (Hamalik, 1983).
Untuk lebih lengkap proposal ini dapat didownload DI SINI
Comments
0 Comments