Oleh Hasri Azis
Pembelajaran
langsung (Direct Instrcution) digunakan oleh para peneliti untuk merujuk
pada pola-pola pembelajaran di mana guru banyak menjelaskan konsep atau
keterampilan kepada sejumlah kelompok siswa dan menguji keterampilan siswa
melalui latihan-latihan di bawah bimbingan dan arahan guru. Dengan demikian,
tujuan pembelajaran distrukturkan oleh guru. Sementara itu, menurut Roy Killen
(1998:2), direct instruction merujuk pada berbagai teknik pembelajaran
ekspositori (pemindahan pengetahuan dari guru kepada murid secara langsung,
misalnya melalui ceramah, demonstrasi, dan tanya jawab) yang melibatkan seluruh
kelas.
Pendekatan dalam model pembelajaran ini berpusat pada guru, dalam hal
ini guru menyampaikan isi materi pelajaran dalam format yang sangat
terstruktur, mengarahkan kegiatan para siswa, dan mempertahankan fokus
pencapaian akademik.
Untuk lebih lengkap laporan ini dapat didownload DISINI