Sabtu, 21 Desember 2013

Pemerolehan Bahasa Anak

Oleh Sabri
Pemerolehan bahasa atau atau language acquisition adalah suatu proses  yang digunakan oleh anak-anak untuk menyesuaikan serangkaian hipotesis yang makin bertambah rumit, ataupun teori-teori yang masih terpendam atau tersembunyi yang mungkin terjadi karena ucapan-ucapan orang tuanya sampai ia memilih berdasarkan suatu ukuran atau takaran penilaian, tata bahasa, yang paling baik serta yang paling sederhana dari bahasa tersebut. Anak – anak melihat pandangan yang cerah akan kenyataan bahasa yang ia pelajari dengan melihat tata bahasa asli orang tuanya.

            Sebenarnya semenjak lahir bayi sudah disetel secara biologis untuk berkomunikasi, dia akan tanggap terhadap kejadian yang ditimbulkan oleh orang disekitarnya(terutama ibunya). Daya lihat bayi yang paling baik berada pada jarak kira-kira 20 cm (8 inci), yakni jarak yang terjadi pada waktu interaksi rutin antara bayi dan ibu, yaitu pada saat bayi itu menyusu pada ibunya. Kurang lebih 70% dari waktu menyusu itu, sang ibu memandangi bayinya, dalam jarak 20 cm. Oleh karena itu bayi akan membalas tatapan ibunya dengan melihat mata sang ibu yang menarik perhatiannya. Kemudian bayi juga belajar bahwa sewaktu terjadi saling tatap mata berarti ada komunikasi, antara dia dan ibunya.
B.  RUMUSAN MASALAH
             Yang menjadi rumusan masalah pada makalah ini adalah bagaimanakah perkembangan sosial  anak dan tahap pemerolehan bahasanya?.
 C. METODE PENULISAN
             Berdasarkan isi materi yang kami bahas yaitu kajian teoritis, maka kelompok kami menggunakan metode penulisan yakni metode pustaka. Metode ini dilakukan dengan cara mencari dan membaca buku-buku yang relevan dengan masalah yang dibahas.
Untuk lebih lengkap makalah ini dapat didownload DI SINI
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarnya dulu sebelum ditutup ya