Oleh Herlina Lahude
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(Classroom Action Research) yang
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIB SMP
Negeri 2 Belopa Kabupaten Luwu. Subjek penelitian ini terdiri 35 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes pada setiap akhir siklus
sesuai dengan materi yang diajarkan. Data yang terkumpul dianalisis dengan
menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Dari analisis deskriptif
menunjukkan: bahwa hasil belajar untuk siswa berdasarkan tes kemampuan awal
dikategorikan rendah dengan dengan skor rata-rata 49,57 dengan standar deviasi
18,84 dari skor ideal yang dicapai adalah 100. Setelah penerapan pembelajaran
kooperatif tipe Student Team Achievement
Division (STAD) yaitu siklus I dengan mengikuti langkah-langkah
pembelajaran ini disertai pemberian motivasi serta memberikan penghargaan
dengan mengumumkan kelompok yang terbaik, maka terlihat peningkatan hasil
belajar matematika siswa dengan skor rata-rata 55,43 dengan standar deviasi
18,95 dari skor ideal yang dicapai adalah 100. Pada siklus II, mengadakan
perbaikan-perbaikan dan tambahan tindakan dari siklus sebelumnya maka terjadi
peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan skor rata-rata menjadi 73,71
dengan standar deviasi 14,71 dari skor ideal yang dicapai adalah 100.
Untuk lebih lengkap proposal ini dat di download DI SINI