Minggu, 08 Desember 2013

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 2 Belopa Kabupaten Luwu.

Oleh Herlina Lahude
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Belopa Kabupaten Luwu. Subjek penelitian ini terdiri 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes pada setiap akhir siklus sesuai dengan materi yang diajarkan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Dari analisis deskriptif menunjukkan: bahwa hasil belajar untuk siswa berdasarkan tes kemampuan awal dikategorikan rendah dengan dengan skor rata-rata 49,57 dengan standar deviasi 18,84 dari skor ideal yang dicapai adalah 100. Setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) yaitu siklus I dengan mengikuti langkah-langkah pembelajaran ini disertai pemberian motivasi serta memberikan penghargaan dengan mengumumkan kelompok yang terbaik, maka terlihat peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan skor rata-rata 55,43 dengan standar deviasi 18,95 dari skor ideal yang dicapai adalah 100. Pada siklus II, mengadakan perbaikan-perbaikan dan tambahan tindakan dari siklus sebelumnya maka terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan skor rata-rata menjadi 73,71 dengan standar deviasi 14,71 dari skor ideal yang dicapai adalah 100.
Untuk lebih lengkap proposal ini dat di download DI SINI
Comments
0 Comments